Cara Memperbaiki Motherboard Mati Total

Cara Memperbaiki Motherboard Mati Total

Tak berbeda dengan komponen lain seperti hardisk dan RAM, motherboard atau disingkat mobo juga bisa mengalami kerusakan. Apabila Anda mempunyai motherboard mati total, jangan terburu-buru untuk membuangnya atau membeli yang baru. Coba tips berikut tentang cara memperbaiki motherboard mati total. Dengan begitu Anda bisa menghemat uang dari kantong Anda.Catatan:
  • Cara memperbaiki motherboard mati total berikut hanya bisa dilakukan jika Anda sudah yakin jika papan induk benar-benar mati atau rusak sehingga tidak menyala sama sekali.
  • Cara berikut tidak berlaku apabila ada kerusakan fisik pada PCB, seperti patah, retak, dan sebagainya.
Jika motherboard masih dapat menyala, ditandai dengan kipas processor yang masih berputar dan atau masih terdengan bunyi “bip”, buka artikel Mengecek dan Memperbaiki Motherboard Rusak.

Cara Pertama: Ganti Kapasitor Motherboard yang Rusak atau Menggelembung.

Langkah pertama ini sangat esensial, komponen-komponen penyusun motherboard harus dalam keadaan prima. Kapasitor yang sudah menggelembung atau rusak (mengeluarkan cairan) merupakan masalah klasik yang menyebabkan motherboard rusak bahkan mati total. Periksalah dengan teliti kondisi kapasitor-kapasitor yang ada. Pastikan tidak ada yang rusak.
Cara Memperbaiki Motherboard - Mengganti Kapasitor
Jika ternyata ada kapasitor yang rusak seperti gambar di atas, ganti dengan yang baru dengan spesifikasi yang sama (biasanya dituliskan seperti: 10V 100µf). Disarankan untuk memilih kapasitor yang solid, artinya diproduksi dengan bahas metal yang lebih tahan lama terutama jika motherboard sering ‘diajak lembur’. Kapasitor solid akan lebih tahan terhadap panas dan kotoran (Sumber: Instructables).

Kapasitor biasa, berisi cairan yang rentan terhadap panas dan kebocoran. Sedikit lebih mahal, solid capacitor terbuat dari logam padat dengan tampilan yang lebih pendek dan berwarna silver.
Anda cukup menyolder ulang bagian belakang (kaki yang terpasang pada PCB) untuk melepaskan kapasitor yang akan diganti. Dengan cara yang sama, gunakan solder dan tenol untuk memasang kapasitor yang baru.
Tips:
  1. Perhatikan dengan teliti spesifikasi kapasitor.
  2. Jangan sampai solder mengenaik papan PCB, bahkan sampai merusak jalur.
  3. Beli motherboard lain yang juga mati total untuk melakukan “kanibal”. Artinya kita gabungkan komponen-komponen motherboard yang masih berfungsi menjadi satu motherboard yang normal.
  4. Kerusakan yang sering terjadi pada motherboard adalah kerusakan kapasitor dan panel USB, LAN, PS2, dan panel lain yang berada di bagian belakang PC. Fokus pada komponen tersebut.
Biasanya jika dilakukan dengan benar, sampai tahap ini motherboard mati total sudah selesai diperbaiki dan siap digunakan.

Cara Kedua: Mengganti Baterai CMOS Motherboard Mati Total.

Baterai CMOS yang sudah menurun tegangannya juga bisa menghambat kinerja motherboard. Normalnya, baterai CMOS memiliki tegangan 3V, jika setelah diukur tegangan kurang dari 3V, sebaiknya ganti dengan yang baru. Satu buah baterai CMOS harganya berkisar Rp 5.000,-. Anda cukup mencongkel baterai dengan obeng tipis, lalu menggantinya. Perhatikan kutub positif dan negatif baterai.
Mengganti baterai CMOS juga secara otomatis me-reset setting BIOS ke default. Sehingga me-reset setting-an motherboard yang pernah di-over clock.

Cara Ketiga: Merendam Motherboard Mati Total dalam Air Detergen.

Ini adalah cara ekstrim, jika Anda sudah tidak punya ide lain untuk memperbaiki motherboard mati total. Tidak ada jaminan keberhasilan terhadap cara ini, lakukan dengan resiko Anda sendiri. Cara ini hanya terbukti secara empiris, bukan secara teknis.
Cara_Memperbaiki_Motherboard_Mencuci_Motherboard
Kalau saya menganalisis bahwa prinsip dari cara ini adalah untuk membersihkan motherboard secara total dari debu dan kotoran. Selain itu juga berfungsi untuk me-reset IC pada motherboard dengan sengaja membuat IC konslet. Berikut caranya:
  1. Lepaskan semua perangkat yang tidak disolder yang menempel pada motherboard seperti RAM, processor, processor fan, chip BIOS, baterai CMOS, dan semua instalasi kabel (USB, Power, HDD). Untuk chip BIOS dan baterai CMOS, cukup dicongkel dengan obeng tipis. Hati-hati melakukannya, karena kaki chip mudah sekali bengkok/patah. Untuk jumper tidak perlu dilepas.
  2. Bersihkan debu yang menempel pada motherboard.
  3. Rendam motherboard dalam air detergen, sambil disikat dengan lembut semua bagiannya (slot memory, slot VGA card, dan lainnya). Awas! Pin socket precessor jangan disikat, karena mudah bengkok.
Cara_Memperbaiki_Motherboard_Pin_Processor
Hindari menyikat bagian ini karena mudah bengkok
Jika sudah disikat menyeluruh, angin-anginkan sampai kering. Jangan menjemurnya di bawah sinar matahri langsung. Anda bisa menggunakan blower atau hair dryer untuk membantu mengeringkan motherboard. Atau solusi paling murah, bawa ke tukang tambal ban untuk disemprot dengan angin dari kompresor sampai benar-benar kering.
Setelah benar-benar kering, pasang kembali semua komponen yang dilepas tadi. Beri pasta thermal baru pada processor. Sebelum dipasang, bersihkan processor fan (kipas) dan bersihkan RAM. Pasang kembali motherboard dan pastikan kabel-kabel terpasang dengan benar dan kencang. Coba nyalakan komputer Anda.
Jika tidak ada perubahan setelah dua cara di atas, masih ada yang lebih ekstrim tentang cara memperbaiki motherboard mati total yang lain, yaitu dengan memanfaatkan cairan kimia sebagai pengganti detergen. Boleh divariasikan dengan bahan pembersih lain dengan prinsip yang sama.
Demikian tips memperbaiki komputer dari saya. Jika ada saran tentang cara memperbaiki motherboard mati total,.

Semoga Bermamfaat...Thanks
Busur Mart
Busur Mart

Founder Bucomtech [ Jambi City ]

enalkom@gmail.com

13 comments:

  1. makasih kaka untuk info post nya ;)

    ReplyDelete
  2. thank gan informasinya
    sangat membatu

    ReplyDelete
  3. Gan, numpang nanya, kalo lampu indikator warna merah sering berkedip ndak henti2 dan proses loading lama, kira2 kenapa ya. Sempat nanya ama teman, katanya motherboardnya yang rusak, kira2 rusak dibagian mana ya? atas petunjuknya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  4. gan numpang nanya...cpu sy kalau dihidupkan mati sebentar terus mati..power supply dah baru semua berpungsi dengan normal...apakah dari mantherboard nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mungkin karna cpunya terlalu panas gan. Atau overhit coba cek dulu apakah sudah isi pasta procesor. Kalau sudah isi cek juga speed fan cpunya. Biasanya fan cpu yang rpmnya rendah bisa berpengaruh terhadap suhu processor

      Delete
  5. gan numpang nanya...cpu sy kalau dihidupkan mati sebentar terus mati..power supply dah baru semua berpungsi dengan normal...apakah dari mantherboard nya...

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas turitorialnya izin shared,kunjungi kamihttp://www.itbriscorhorizon.com/

    ReplyDelete
  7. suwun gan cara ke 3 jitu... jossssssssssssss

    ReplyDelete
  8. Sebelumnya Terima kasih Atas Info yang anda berikan.
    Semoga Sukses Selalu :)

    ReplyDelete

Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar