Perancangan Web Dengan Menggunakan PHP Pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muaro jambi

BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Informasi adalah salah satu kata kunci pada era globalisasi. Semua kegiatan pasti memerlukan informasi, dan bisa juga dikatakan bahwa semua kegiatan dituntut untuk menghasilkan informasi. Untuk mendapatkan dan menghasilkan informasi, komputer dan teknologinya adalah salah satu alat bantu yang paling tepat. Tuntutan kebutuhan akan informasi dan penggunaan komputer yang semakin banyak mendorong terbentuknya sebuah jaringan komputer yang mampu melayani berbagai kebutuhan tertentu. Dengan adanya jaringan komputer, pengelolaan informasi dapat berlangsung lebih baik lagi. Berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi menyebabkan bertambah kompleksnya informasi yang harus dan yang bisa diolah, sehingga kebutuhan penggunaan beberapa jaringan komputer bersama-sama semakin diperlukan. Penggunaan jaringan secara bersama-sama ini bertumbuh membentuk jaringan komputer yang amat besar yang tersebar di seluruh bagian di muka bumi ini.
Jaringan komputer seperti ini dikenal dengan nama Internet. Internet bisa diakses dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, oleh siapa saja, di mana saja, kapan pun kita mau menggunakannya. Berbagai macam teknologi Internet bisa digunakan, salah satunya adalah World Wide Web (atau selanjutnya disebut web saja) yang mampu menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun gambar bergerak. Dengan kemampuan seperti ini, web menjadi sangat terkenal dan perkembangannya sangatlah pesat.
Dengan terus melajunya roda perkembangan teknologi, web berkembang menjadi alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, namun juga mampu untuk mengolah informasi, proses pengolahan informasi dengan memanfaatkan teknologi web menyebabkan web menjadi media informasi yang dinamis. Hal ini membutuhkan penggunaan sarana teknis yang banyak bergantung pada penggunaan perangkat lunak yang kuat, aman, terpercaya, dan cepat. Perangkat lunak penentu yang dibutuhkan antara lain adalah sebuah server-side scripting language, atau juga disebut sebagai CGI (Common Gateway Interface).
Sistem komputerisasi sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu organisasi. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muaro jambi merupakan suatu organisasi yang selalu dituntut oleh semua lapisan masyarakat untuk memberikan informasi yang cepat, tepat, akurat dan transparan. Peran serta KPUD Muaro jambi sebagai penyelenggara pemilu pada tingkat kabupaten baik pemilihan legislatif (DPR RI, DPRD Propensi, DPRD Kabupaten), Presiden dan wakil Presiden, kepala daerah tingkat propensi, dan kepala daerah tingkat kabupaten sangat menentukan sukses atau tidaknya penyelenggaraan pemilu pada tingkat Kabupaten Muaro jambi.
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muaro jambi dalam mengelolah data dan informasi masih menggunakan sistem semi manual, yaitu data calon peserta pemilu,  masih menggunkan microsaft office sebagai sarana pengetikan dalam proses penginputan, penambahan, pencarian dan penghapusan data., begitu juga dalam proses penyampaian saran dan kritik sehingga mengakibatkan KPUD Muaro jambi terkesan tidak aspiratif, serta penyebaran informasi baik sebelum pelaksanaan, pada saat pelaksaan dan maupun sesudah pelaksanaan kepada masyarakat lokal Kabupaten Muaro jambi maupun masyarakat nasional dan internasional secara umum yang menyangkut pemilihan umum sangat sulit dilakukan secara efektif dan efisien. Implikasi dari personal ini tercipta stikma bahwa KPUD Muaro jambi terkesan kurang propesional dalam melaksanakan pemilu.
Pada tugas proyek akhir ini, akan dibahas mengenai penggunaan bahasa PHP sebagai salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membangun media web sebagai media pengolah informasi yang dinamis pada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muaro jambi.
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka akan dibahas lebih lanjut dalam satu pokok pembahasan dengan judul “Perancangan Web Dengan Menggunakan PHP Pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten  Muaro jambi”.

1.2       Pokok Permasalahan
Berdasarkan latar belakang yang telah digambarkan di atas, maka pokok permasalahan adalah apakah dengan penerapan desain web dapat meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat, meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja anggota KPUD Muaro jambi, menghasilkan laporan yang lebih tepat dan akurat ?

1.3       Batasan Masalah
            Dalam penelitian ini, masalah dibatasi dalam lingkup pembahasan tentang pengolahan data pemilu berupa data berita, data profil peserta pemilu ( legislatif, pilpres, pilgub dan pilkada ), data penyelenggara pemilu ( profil anggota KPUD Muaro jambi, PPK, PPS ), pengolahan data peraturan pemilu, kotak saran dan kritik terhadap pelaksanaan pemilu di Kabupaten Muaro jambi.

1.4              Tujuan Dan Manfaat
1.4.1        Tujuan
a.             Merancang suatu sistem dengan berbagai kemudahan yang dapat menghasilkan informasi yang cepat, tepat, akurat dan bermanfaat bagi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muaro jambi khususnya dan pada umumnya masyarakat Kabupaten Muaro jambi.
b.            Mengimplementasikan PHP sebagai sebuah bahasa CGI (Common Gateway Interface) serta menerapkan metode pengaksesan server database menggunakan PHP pada sebuah aplikasi website KPUD Muaro jambi.
1.4.2        Manfaat
a.      Terhadap Akademik :
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang berminat pada bidang perancangan web dengan menggunakan PHP.
b.      Terhadap Praktisi :
Memberikan gambaran efisiensi dan efektifitas dalam menyebarluaskan informasi memalui media teknologi komputer.
c.      Terhadap Penulis :
Merupakan syarat dalam menganalisis dan merancang sistem serta memberikan pengalaman bagi penulis dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kuliah dalam membuat program aplikasi web, yang nantinya dapat dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan penulis dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.
d.      Terhadap Masyarakat :
            Dapat menerima informasi yang menyakut pemilu serta dapat memberikan saran dan kritik.

            Sistematika Penulisan
Uraian selanjutnya adalah pemilihan secara sistematika bab, dimana setiap bab terbagi atas sub bagian yang untuk selanjutnya sebagai berikut:
BAB  I            :     PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah, pokok permasalahan, batasan masalah, tujuan dan manfaat dan sistimatika penulisan, untuk memberikan gambaran tentang masalah yang akan dibahas pada bab-bab selanjutnya.
BAB II            :     LANDASAN TEORI
Bab ini membahas kerangka berfikir dan landasan teori yang berhubungan dengan perancangan web dengan menggunakan PHP pada kantor KPUD Muaro jambi.
BAB III          :     METODOLOGI PENELITIAN
                              Bab ini mambahas tentang metode perancangan dan alat yang digunakan untuk merancang website.

BAB  IV         :    PERANCANGAN SISTEM
Bab ini berisikan tentang perancangan web dengan menggunakan PHP pada kantor KPUD Muaro jambi.
BAB V            :    PENGUJIAN SISTEM
Bab ini merupakan hasil pengujian terhadap perancangan web dengan menggunakan PHP pada kantor KPUD Muaro jambi.
BAB VI          :     PENUTUP
Bab ini merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dan saran-saran.

Untuk BAB II, BAB III dan BAB IV Silahkan anda Download Link Dibawah Ini :


Untuk membuka Password WinRar silahkan mail ke enalkom@gmail.com atau Klik pada menu Contact me

Bucomtech masih banyak mengoleksi judul dan isi skripsi yang lengkap, Jika anda berminat dan butuh. Silahkan mengisi Formulir Pendaftaran dengan mengklik Link dibawah ini : 


Terimah Kasih atas kunjungan anda moga bisa bermamfaat..
Busur Mart
Busur Mart

Founder Bucomtech [ Jambi City ]

enalkom@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Jangan Menggunakan Kata-Kata Kasar